Tuesday, January 9, 2018

Pengertian Web, Fungsi Web, Unsur-unsur Web dan Cara Kerja Website


Pengertian Web, Fungsi Web, Unsur-unsur Web dan Cara Kerja Website


Secara tidak kita sadari dalam dunia online kita sering kali mengakses website, bahkan termasuk jejaring sosial yang banyak dimintai oleh masyarakat Indonesia atau dunia seperti facebook merupakan salah satu contoh web, nah untuk memperdalam pengetahuan anda dalam dunia jaringan komputer, khususnya lagi buat pelajar yang sedang menempuh jurusan tkj atau Jurusan RPL ( Rekayasa perangkat lunak ) mari kita pahami lebih lanjut apa sebenarnya Website itu?
Apa sih Pengertian Website itu?
Sesaat lagi materi tkj akan membahas secara detail dari pertanyaan diatas, dan semua seluk beluk website akan saya bahas secara mendetail pada postingan ini.
Untuk menyingkat waktu langsung saja yuk mari kita bahas satu persatu, yang pertama akan kita bahas Pengertian Web.

pengertian web,cara kerja web, fungsi web,cara membuat web
Website

Pengertian Web

World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial.
Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Pengertian Website Menurut Ahli
  1. Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.
  2. Menurut Wahana Komputer, Web adalah formulir komunikasi interaktif yang digunakan pada sutu jaringan komputer.
  3. Menurut A. Taufiq Hidayatullah, Web adalah bagian paling terlihat sebagai jaringan terbesar dunia, yakni intrenet.
  4. Menurut Haer Talib, Web adalah sebuah tempat di internet yang mempunyai nama dan alamat.
  5. Menurut Boone (Thomson), Web adalah koleksi sumber informasi kaya grafis yang saling berhubungan satu sama lain dalam internet yang lebih besar.
  6. Menurut Feri Indayudha, Web adalah suatu program yang dapat memuat film, gambar, suara, serta musik yang ditampilkan dalam internet.
  7. Menurut Yuhefizar, Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.

Standar Web

Banyak standar formal dan spesifikasi teknis lainnya dan perangkat lunak mendefinisikan operasi dari aspek yang berbeda dari World Wide Web, Internet, dan pertukaran informasi komputer. Banyak dokumen adalah karya dari World Wide Web Consortium ( W3C ), dipimpin oleh Berners – Lee, namun ada juga yang diproduksi oleh Internet Engineering Task Force ( IETF ) dan organisasi lainnya.
Biasanya, ketika standar web dibahas, publikasi berikut ini dilihat sebagai dasar :
  • Rekomendasi untuk bahasa markup, terutama HTML dan XHTML, dari W3C. Ini menentukan struktur dan interpretasi dokumen hypertext
  • Rekomendasi untuk stylesheet, terutama CSS, dari W3C.
  • Standar ECMA Script (biasanya dalam bentuk JavaScript ), dari ECMA International
  • Rekomendasi untuk Document Object Model, dari W3C

Cara kerja web

Sebuah web browser adalah program perangkat lunak yang gunakan untuk mengakses World Wide Web dari Internet. Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an. Yang mudah digunakan, cukup klak-klik sehingga membantu mempopulerkan Web.
Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. (Banyak pengguna Mac lebih memilih browser Safar) Persaingan untuk mendominasi pasar telah membawa perbaikan terus-menerus untuk perangkat lunak. (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic)
dapat mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. Jika sudah memiliki satu browser, dapat menguji yang lain. Juga mencatat bahwa ada sedikit perbedaan antara versi Windows dan Macintosh.
Secara umum cara kerja web adalah sebagai berikut;
  • Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman we atau web page.
  • Halaman web tersebut disimpan dalam computer server web.
  • Sementara dipihak pemakai ada computer yang bertindak sebagai computer client dimana ditempatkan program untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser).
  • Browser membaca halaman web yang ada di server web.
Untuk lebih jelasnya berikut cara kerja web secara detail;
Bagaimana web bekerja?
Untuk membungkus pengantar kami bagaimana web bekerja, mari kita melacak aliran khas peristiwa yang terjadi dengan setiap halaman web yang muncul pada layar ( Gambar 2-5 ).
  1. meminta halaman web dengan baik mengetik URL -nya ( misalnya, http:// jenskitchensite.com ) langsung di browser atau dengan mengklik pada link pada halaman. URL yang berisi semua informasi yang diperlukan untuk menargetkan sebuah dokumen tertentu pada server web tertentu di Internet.
  2. Browser mengirimkan Permintaan HTTP ke server yang disebutkan dalam URL dan meminta untuk file tertentu. Jika URL menentukan sebuah direktori (bukan file), itu adalah sama dengan meminta file default dalam direktori tersebut.
  3. Server mencari file yang diminta dan mengeluarkan respon HTTP. a. Jika halaman tidak dapat ditemukan, server mengembalikan pesan kesalahan. Pesan tersebut biasanya mengatakan “404 Not Found,” meskipun pesan kesalahan lebih ramah dapat diberikan, b. Jika dokumen ditemukan, server mengambil file yang diminta dan kembali ke browser.
  4. Browser mem-parsing dokumen HTML. Jika halaman berisi gambar (ditandai dengan elemen img HTML) atau sumber daya eksternal lainnya seperti script, kontak peramban server lagi untuk meminta setiap sumber daya yang ditentukan dalam markup.
  5. Browser menyisipkan setiap gambar dalam aliran dokumen di tempat yang ditentukan oleh elemen img. Semua media ditampilkan dalam sebuah halaman web.

Anatomi Browser

Ketika pertama kali membuka browser web, biasanya dengan mengklik dua kali pada icon di desktop Anda, halaman web yang telah ditetapkan muncul. Halaman ini disebut sebagai halaman “home” atau halaman awal. Dengan Firefox misalnya, mungkin akan dibawa ke halaman rumah Mozilla atau ke halaman yang dipilih oleh penyedia layanan Internet. Tetapi jika ingin, dapat dengan mudah mengubah halaman awal.
The World Wide Web sampai saat ini adalah bagian yang paling populer dari Internet. Setelah menghabiskan waktu di Web akan merasa bahwa tidak ada batas untuk apa yang dapat temukan. Web memungkinkan kaya dan beragam komunikasi dengan memungkinkan untuk mengakses dan berinteraksi dengan teks, grafis, animasi, foto, audio dan video.
Jadi apa saja yang membentuk web ini? Pada tingkat yang paling sederhana, Web secara fisik terdiri dari komputer pribadi atau perangkat mobile, perangkat lunak web browser, sambungan ke penyedia layanan Internet, komputer yang disebut server yang disebut hosting dan router dan switch yang mengarahkan aliran informasi.
Ada banyak pilihan perangkat lunak server, tetapi dua yang paling populer adalah Apache ( perangkat lunak open source ) dan Layanan Informasi Internet Microsoft ( IIS ). Apache tersedia secara bebas untuk komputer berbasis Unix dan dapat diinstal pada Mac menjalankan Mac OS X. Ada versi Windows juga. Microsoft IIS adalah bagian dari keluarga Microsoft.
Setiap komputer dan perangkat (modem, router, smartphone, mobil, dll) yang terhubung ke Internet diberi alamat IP numerik yang unik (IP singkatan dari Internet Protocol). Sebagai contoh, komputer yang dihosting oreilly.com memiliki alamat IP 208.201.239.100. Semua angka-angka tersebut dapat memusingkan, untungnya ada Domain Name System (DNS) yang dikembangkan untuk memungkinkan kita untuk merujuk ke server dengan nama domainnya, ” oreilly.com “, juga. Alamat IP numerik berguna untuk perangkat lunak komputer, sedangkan nama domain adalah lebih mudah diakses oleh manusia. Pencocokan nama domain teks ke alamat IP numerik masing-masing adalah tugas dari server DNS yang terpisah.
Hal ini dimungkinkan untuk mengkonfigurasi server web sehingga lebih dari satu nama domain dipetakan ke satu alamat IP, yang memungkinkan beberapa situs untuk berbagi server tunggal.
Sebuah halaman web adalah dokumen elektronik yang ditulis dalam bahasa komputer yang disebut HTML, singkatan dari Hypertext Markup Language. Setiap halaman web memiliki alamat yang unik, yang disebut URL atau Uniform Eerources Locator yang mengidentifikasi di mana web server yang memuat dokumen web.
Sebuah website memiliki satu atau lebih halaman web terkait, tergantung pada bagaimana itu dirancang. Halaman web pada situs yang dihubungkan bersama melalui sistem hyperlink, memungkinkan untuk melompat di antara halaman web dengan mengklik pada link.
Bila menelusuri World Wide Web akan melihat istilah yang sering disebut “home page”. Ini adalah halaman sebagai titik awal dari sebuah situs web. Seperti daftar isi dari buku atau majalah, “home page” biasanya memberikan gambaran tentang apa yang akan temukan di website. Situs dapat memiliki satu halaman, yang panjang beberapa atau ribuan halaman. Jika tidak ada banyak informasi, “home page” mungkin satu-satunya halaman. Tapi biasanya akan menemukan setidaknya beberapa halaman lainnya.
Halaman Web bervariasi dalam desain dan konten, tetapi banyak menggunakan format majalah tradisional. Di bagian atas halaman adalah masthead atau grafis banner, maka daftar item, seperti artikel, sering dengan penjelasan singkat. Item dalam daftar biasanya link ke halaman lain di situs, atau situs lain. Kadang-kadang link ini disorot kata-kata dalam tubuh teks, atau disusun dalam daftar, seperti indeks. Mereka juga dapat menjadi kombinasi dari keduanya. Sebuah halaman web mungkin juga “panas” gambar yang link ke konten lainnya.
Bagaimana bisa membedakan mana teks yang ada tautan/link? Link muncul dalam warna yang berbeda dari teks – biasanya dengan warna biru dan sering digarisbawahi. Bila memindahkan kursor di atas link teks atau melalui link grafis, perubahan icon dari panah ke tangan.
Web adalah media yang dinamis. Untuk mendorong pengunjung untuk kembali ke sebuah situs, banyak penerbit web memperbarui konten sering. Itulah yang membuat Web sangat menarik.

Unsur-Unsur Website atau Situs

Untuk menyediakan keberadaan sebuah website, maka harus tersedia unsur-unsur penunjangnya, adalah sebagai berikut;
1. Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
Pengertian Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contohnya adalah http://www.materitkj.com, https://www.google.com, http://www.volimaniak.com
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah co.id (untuk nama domain website perusahaan), ac.id (nama domain website pendidikan), go.id (nama domain website instansi pemerintah), or.id (nama domain website organisasi).
2. Rumah tempat website (Web hosting)
Pengertian Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website. Web Hosting juga diperoleh dengan menyewa.
Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
3. Bahasa Program (Scripts Program)
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus.
Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website. Jenis jenis bahasa program yang banyak dipakai para desainer website antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs. Bahasa program ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri. Bahasa program ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.
4. Desain website
Setelah melakukan penyewaan domain name dan web hosting serta penguasaan bahasa program (scripts program), unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.
Untuk membuat website biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa website designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer.

Fungsi Web

Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:
1. Fungsi komunikasi
Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting form, dan yang lainnya.
2. Fungsi informasi
Situs web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya, karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isisnya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak sepertio shockwave dan java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti news, profile company, library, reference,dll.
3. Fungsi entertainment
Situs web juga dapat memiliki fungsi entertainment/hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah game online, film online, music online, dan sebagainya.
4. Fungsi transaksi
Situs web dapat dijadikan sarana transaksi biisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.

Jenis situs Web

Ada beberapa jenis situs web yang dikelompokkan sesuai tujuannya yaitu sebagai berikut:
1. Alat Pemasaran
Saat ini media pemasaran tidak hanya media cetak saja. Media elektronik sejenis situs juga dapat digunakan sebagai media pemasaran. Pemasaran melalui internet lebh cepat sampai dan memiliki jangkauan yang jauh lebih luas.
2. Nilai Tambah
Sebuah halaman web merupakan sarana promosi karena media promosi di web lebih murah dan efektif dibandingkan media promosi konvensional seperti brosur, majalah atau Koran. Pada umumunya konten situs web berupa referensi atau informasi tambahan dari apa yang sudah diberikan secara offline. Contohnya seperti di perpustakaan sudah disediakan koleksi skripsi secara tercetak namun di web perpustakaan terdapat repository skripsi yang lebih banyak dan dapat diakses dengan mudah dengan cara mendownload bentuk softfile nya.
3. Katalog
Untuk di perpustakaan katalognya berupa katalog online yang dapat diakses melalui web perpustakaan. Pada katalog tersebut tersedia koleksi-koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan. Pemustaka dapat mengakses koleksi tersebut dengan cara memasukkan judul, pengarang maupun subjek dari suatu koleksi yang dibutuhkan. Sedangkan untuk melakukan peminjaman pemustaka dapat langsung meminjam ke perpustakaan.
4. E-Commerce
E-Commerce merupakan suatu kumpulan yang dinamis antara teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pada perpustakaan web bertujuan untuk menghubungkan antara perpustakaan yaitu melalui pemustaka dan pemustaka yang membuthkan informasi sehingga terjadinya hubungan yang saling mengutungkan kedua belah pihak.
5. E-Learning
Cisco menjelaskan filosofis e-learning sebagai berikut: Pertama, e-learning merupakan penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan secara on-line. Kedua, e-learning menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional (model belajar konvensional, kajian terhadap buku teks, CD-ROM, dan pelatihan berbasis computer) sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi.
Ketiga, e-learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan konten dan pengembangan teknologi pendidikan. Keempat, kapasitas siswa dalam menguasai bahan yang disampaikan lewat e-learning amat bervariasi, tergantung bentuk, isi, dna cara penyampaiannya. Makin baik keselarasan antar konten dan alat penyampai dengan gaya belajar, semakin baik penguasaan siswa yang pada gilirannya akan memberikan hasilyang lebih baik.
6. Komunitas
Sebuah situs web yang dibuat dengan tujuan untuk memungkinkan pengunjung berkomunikasi secara bersamaan. Pengunjung bisa berbagi pengalaman, cerita, ide, dna lainnya, bisa juga mencari dan menambah teman, atau untuk membuat suatu perkumpulan baru.
7. Portal
Portal adalah aplikasi berbasis web yang menyediakan akses suatu titik tunggal dari informasi online terdistribusi, seperti dokumen yang didapat melalui pencarian, kanal berita, dan link ke situs khusus. Untuk memudahkan penggunaannya biasanya disediakan fasilitas pencarian dan pengorganisasian informasi.
8. Personal
Situs personal merupakan situs yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau menginformasikan tentang seseorang. Biasanya berisi tentang biodata, portofolio (kumpulan hasil karya yang pernah dibuat), prestasi, atau sebagai diary yang menceritakan kehidupan sehari-hari yang dipublish agar orang lain dapat mengetahui dna mengenal tentangnya.

Memahami Alamat Web

World Wide Web adalah koleksi besar file elektronik yang tersimpan di jutaan komputer di seluruh dunia. Hypertext link file-file ini bersama-sama. Uniform Resource Locators atau URL adalah alamat yang digunakan untuk menemukan file.
Informasi yang terkandung dalam URL memberi kemampuan untuk melompat dari satu halaman web yang lain hanya dengan klik. Ketika mengetik URL ke browser atau klik link hypertext, browser mengirim permintaan ke komputer remote, yang disebut server web, untuk men- download satu atau lebih file. Setiap URL unik, mengidentifikasi satu file tertentu.
Apa yang dari khas URL? Berikut adalah beberapa contoh :
http://belajar.kemdikbud.go.id/ Halaman Rumah Belajar Kemdikbud.
Halaman Facebook untuk Pusat Teknologi Informasi – Kemdikbud.
ftp://rtfm.mit.edu/pub/
Sebuah direktori file di MIT tersedia untuk di-download.
news : rec.gardens.roses
Sebuah newsgroup dengan topik berkebun
Bagian pertama dari URL ( sebelum dua garis miring ) memberitahu jenis sumber daya atau metode akses di alamat itu. Sebagai contoh:
http – dokumen hypertext atau direktori
ftp – file yang tersedia untuk di-download atau direktori file tersebut news – newsgroup
file – file yang terletak pada drive lokal komputer Anda
Bagian kedua biasanya adalah alamat komputer di mana data atau layanan berada. Bagian tambahan mungkin menentukan nama file, port untuk menghubungkan ke, atau teks untuk mencari dalam database.

Bagian-bagian dari URL

Sebuah URL lengkap umumnya terdiri dari tiga komponen : protokol, nama situs, dan path absolut ke dokumen atau sumber daya, seperti yang ditunjukkan pada Gambar berikut.
http://www.example.com / 2011/samples/first.html
Hal pertama yang dilakukan adalah URL menentukan protokol yang akan digunakan untuk transaksi tertentu. Surat-surat HTTP membiarkan server tahu untuk menggunakan Hypertext Transfer Protocol, atau masuk ke dalam “modus web”
www.example.com
Bagian berikutnya dari URL mengidentifikasi situs dengan nama domainnya. Dalam contoh ini, nama domain adalah example.com.
Bagian di awal adalah nama host tertentu di domain tersebut. Nama host ” www ” telah menjadi sebuah kesepakatan. Tetapi, kadang-kadang nama host dapat dihilangkan. Ada bisa lebih dari satu website di domain (kadang- kadang disebut subdomain). Misalnya, ada juga mungkin development.example.com, clients.example.com, dan sebagainya.
/ 2012/samples/first.html
Ini adalah path absolut melalui direktori pada server ke dokumen HTML yang diminta, first.html. Kata-kata dipisahkan oleh garis miring adalah nama direktori, dimulai dengan direktori root dari host ( seperti yang ditunjukkan oleh awal /), URL pada Gambar 2-1 mengatakan ingin menggunakan protokol HTTP untuk terhubung ke server web di Internet disebut www.example.com dan meminta first.html dokumen ( terletak di direktori sampel, yang di direktori
2012).
Sebagian dari URL yang akan menggunakan start dengan http, yang merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, metode yang file HTML yang ditransfer melalui Web. Berikut adalah beberapa hal-hal lain untuk mengetahui tentang URL :
Sebuah URL biasanya tidak memiliki spasi.
Sebuah URL selalu menggunakan garis miring ke depan ( / / ).
Penulisan URL tidak sensitif huruf besar-kecil. Jadi mengetik “http://www.kemdikbud.go.id” atau “HTTP://WWW.KEMDIKBUD.GO.ID” atau variasi huruf besar dan kecil akan membawa ke halaman yang sama.
Jika mengetik URL tidak benar, browser tidak akan dapat menemukan situs atau sumber daya yang inginkan. Jika mendapatkan pesan error atau mengakses situs yang salah, periksa untuk melihat apakah mengeja alamat dengan benar.

Tahapan Membangun Situs Web

1. Rekayasa dan Pemodelan Sistem/Informasi
Pada tahap ini dimulai dengan membangun syarat dari semua elemen sistem dan mengalokasikan beberapa subset kebutuhan software tersebut. Pandangan sistem ini penting ketika software harus berhubungan dengan elemen-elemen lain seperti software, manusia, dan database. Rekayasa dan analisis sistem menyangkut pengumpulan kebutuhan pada tingkat sistem dengan sejumlah kecil analisis serta desain tingkat puncak.
2. Planning (Perencanaan)
Pada tahap ini yaitu untuk menentukan tujuan dari software yang akan dibuat, melakukan analisis kebutuhan dna pengumpulan data yang diperlukan. Proses pengumpulan kebutuhan diintensifkan dan difokuskan, khususnya pada kebuthan software. Untuk memahamai sifat program yang dibangun, analis harus memahami domain informasi, tingkah laku, unjuk kerja, dan interface yang diperlukan.
3. Designing (Desain)
Desain software sebenarnya merupakan proses multi langkah yang berfokus pada empat atribut yang berbeda, yaitu struktur data, arsitektur software, representasi interface, dan detil (algoritma) procedural. Jadi pada tahap ini proses mendesain harus berdasarkan kebutuhan sehingga sesuai dengan yang diharapkan sebelum memulai pengkodean.
4. Scripting (Pemograman)
Desain harus diterjemahkan ke dalam bentuk mesin yang bisa dibaca. Dalam tahap ini adanya pembuatan kode. Jika desain dilakukan secara lengkap, pembuatan kode dapat diselesaikan secara mekanis.
5. Testing (Pengujian)
Proses pengujian berfokus pada logika internal software untuk memastikan bahwa semua pernyataan sudah diuji, dan pada fungsi eksternal yaitu mengarahkan pengujian untuk menemukan kesalahan-kesalahan dan memastikan bahwa dengan input yang terbatas akan didapatkan hasil actual yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
6. Maintenance (Pemeliharaan)
Software mungkin akan mengalami perubahan setelah diserahkan kepada pelanggan. Perubahan bisa terjadi karena kesalahan-kesalahan tertentu, karena software harus diubah untuk mengakomodasikan perubahan-perubahan di dalam lingkungan eksternalnya, atau karena pelanggan perlu melakukan pengembangan fungsional atau unjuk kerja. Pemeliharaan software mengaplikasikan lagi setiap fase program sebelumnya dan tidak dilakukan dengan membuat yang baru.
Nah sudah lengkap sudah penjelasan dari saya mengenai Web / Website, semoga penjelasan yang cukup banyak diatas bisa menambah pengetahuan anda dalam materi pemrogaman web atau bidang teknologi komputer.
Jika artikel ini membawa manfaat buat anda, jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian juga ya, sekian dari materi tkj kali ini, semoga bermanfaat dan akhir kata, terimakasih sudah membaca artikel ini.


EmoticonEmoticon